PROGRAM
UNGGULAN
TKIT AL-AMANAH ISLAMIC SCHOOL LEMBANG
Progam
Unggulan
program pendidikan yang diterapkan khusus untuk sekolah tertentu saja sesuai dengan tujuan yang di inginkan sekolah yang disesuaikan dengan kekhasan yang ada disekolah.
Tahfiz Al-Quran
Tahfizh Al-Qur'an yang dilakukan di TKIT AIS yaitu menghafal nama surat, jumlah ayat, arti nama surat dan menghafal beberapa surat pendek dalam Juz 30 (Sesuai target hafalan perkelompok). Metode yang diajarkan yaitu Talaqqi bersama guru tahfizh dan muroja’ah hafalan. Tahfizh Al-Quran dilakukan setiap hari dengan tujuan agar anak senantiasa terikat dengan dzikir kepada Allah dan menjaga Al-Qur'an.
Hafalan do'a & hadits-hadits pendek
Peserta didik menghafal do’a dan hadits pendek beserta artinya, pembiasaan mengucapkan do’a setiap akan melakukan kegiatan dan dapat mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari dimanapun ananda berada.
Full Day School
Sistem sekolah yang dilaksanakan sehari penuh yaitu setiap hari senin-jum’at mulai pukul 08.00-14.30 WIB.
Indoor & Outdoor activity
Indoor Activities adalah aktivitas yang dilakukukan di dalam sekolah seperti di ruang kelas, selasar, dan masjid. Sedangkan Outdoor Activities adalah aktivitas yang dilakukan di luar sekolah seperti jalan pagi di lingkungan sekitar sekolah.
Sarana Prasarana yang menunjang kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan Anak Usia Dini
Apa saja yang menjadi sarana prasarana dalam lembaga PAUD?
Standar sarana dan prasarana Pendidikan Anak Usia Dini meliputi lahan, bangunan gedung yang didalamnya mencangkup ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah, ruang UKS, jamban serta didukung dengan adanya fasilitas permainan di dalam maupun luar ruangan, alat permaianan edukatif dan peralatan pendukung keaksaraan.
Kurikulum yang terintegrasi antara pelajaran Diniah dan Umum
TKIT AIS Lembang menggunakan kurikulum terpadu antara kurikulum dinas (Transisi kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka) dan kurikulum lokal khas Al-Amanah Islamic School Lembang. Kurikulum lokal TKIT AIS Lembang adalah Pendidikan keseharian secara sehat dan seimbang untuk mewujudkan generasi yang terdidik dengan CInTA (Cerdas, Interaktif, Taqwa dan Akhlaq Mulia) sebagai pondasi Pendidikan selanjutnya serta mengacu pada nilai-nilai dan prinsip-prinsip pendidikan Islam.
Metode pembelajaran sentra
Dalam Pendidikan Anak usia Dini Sentra dikenal dengan istilah Beyond Centers and Circle Time (BCCT) yang artinya kegiatan yang dilakukan secara melingkar yang dilengkapi dengan seperangkat alat bermain untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki anak dengan memberi pengalaman secara langsung. Sentra yang disiapkan adalah sentra balok, sentra persiapan, sentra seni & bahan alam, sentra bermain peran, dan sentra berkebun.
Rekaman Evaluasi Tahfizh & Diniah berupa audio visual
Rekaman Evaluasi Tahfizh & Diniah merupakan bentuk penilaian secara konkrit untuk mengukur sejauh mana peserta didik sudah mampu menghafal dan membacakan hafalan Al-Qur’an dan diniah (Do’a, hadits, tauhid, siroh nabi, dan adab). Rekaman ini dilaksanakan 2 tahap (Semester 1 & 2) dalam satu tahun ajaran. Hasil rekaman berupa audio visual (Video MP4) dalam bentuk flash disk akan dibagikan kepada orang tua di akhir tahun ajaran.